Jumat, 25 Juli 2014

UGM Luncurkan Mobil Listrik Ramah Lingkungan

UGM meluncurkan mobil listrik hemat energi dan ramah lingkungan. Mobil listrik tersebut dibuat oleh Tim Semar UGM. Rektor UGM Sudjarwadi yang secara meresmikan mobil listrik tersebut mengatakan mobil listrik dengan  nama eSemar Xperimental itu merupakan buatan mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Industri UGM yang tergabung dalam tim Semar.

Ketua Tim Semar UGM Jayan Sentanuhady mengatakan Tim Semar ini merupakan gabungan antara mahasiswa program studi (prodi) Teknik Mesin dan Industri.
Mobil listrik ini ditangani dua mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2009, yaitu Panji Setyo Nugroho dan Yahya Muhammad Nurul Ahbab.

Panji sebagai desainer elektrik dan Yahya sebagai desainer konstruksi. Panji mengatakan, mobil eSemar Xperimental ini menggunakan motor listrik AC, baterai dan aki berdaya 48 volt sebagai komponen utama untuk penggerak mobil.

Dengan komponen ini, selain menjadikan mobil ini hemat energi dibandingkan dengan mobil yang biasa menggunakan motor DC sebagai penggerak, juga lebih efisien, yaitu hingga 80 persen. "Mobil biasa efisiensinya hanya 35%," kata Panji.

Kedepannya selain menghasilkan mobil listrik Tim Semar ini 2012 berencana mengembangkan green bus sistem hibrida dengan sumber energi 100 persen dari deep cycle accu ditambah dengan generator listrik yang menggunakan penggerak CNG engine sebagai back-up.

Program tersebut merupakan upaya UGM dalam mendukung terwujudnya kampus educopolis, inovasi ini sekaligus sebagai pengembangan teknologi sarana transportasi yang rendah emisi.

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Next Post Previous Post Home

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

0 komentar:

Posting Komentar